Belasan Anak Terima Kejutan Pada Peringatan Hari Anak Nasional Kabupaten Indragiri Hulu 2019

Rengat - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Inhu, menyelenggarakan kegiatan Gebyar Hari Anak Nasional, yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Inhu, Selasa (29/10). 

Tema Hari Anak Nasional tahun ini adalah "Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak" dengan tagline "Kita Anak Indonesia, Kita Gembira!"

Acara diawali dengan senam bersama yang diikuti oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Inhu Rezita Meylani Yopi Arianto didampingi Kepala DPPPA Inhu Wardiati S.Sos, Asisten III Inhu Erlina Wahyuningsih, serta sekitar 4000 anak yang datang dari seluruh kecamatan di Kabupaten Inhu mulai dari tingkat PAUD hingga SMA. 

"Peringatan HAN dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air." Ujar Wardiati dalam sambutannya.

Dengan Peringatan HAN Tahin 2019 diharapkan pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, dan memastikan segala hal yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan pekembangannya. Wardiati juga berharap kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kepedulian semua warga bangsa Indonesia, baik orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. 

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Pengukuhan Pengurus Forum Anak (FA) Kabupaten Indragiri Hulu Periode 2019-2021. Pengukuhan dilakukan langsung oleh Asisten III Inhu Erlina Wahyuningsih. Dilanjutkan dengan Penyerahan Piagam Daffa Award Kabupaten Indragiri Hulu. Terbaik I diraih FA Kecamatan Rengat kategori Kegiatan Pendidikan. Kemudian Terbaik II diraih FA Kecamatan Pasir Penyu kategori Kegiatan Partisipasi. Terakhir Terbaik III diraih FA Kecamatan Rengat Barat Kategori Kegiatan Partisipasi.

Selain itu juga diadakan lomba mewarnai yang diikuti siswa PAUD dan TK. Puncak dari rangkaian Peringatan HAN ini adalah pemberian kejutan bagi anak-anak Inhu yang berulang tahun dibulan Oktober. Anak-anak yang berasal dari 14 kecamatan di Kabupaten Inhu tersebut mendapat kejutan perayaan ulang tahun dan masing-masing anak menerima nasi tumpeng.