Dirjen IKP: Imbangi Hoax dengan Sebarkan Informasi Kerja Pemerintah

Kuta, Kominfo - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widyastuti menyatakan penyebarluasan informasi tentang capaian kerja Pemerintah akan dapat mengimbangi info hoax yang beredar di masyarakat.

"Informasi keberhasilan pemerintah itu harus disebarluaskan untuk mengimbangi sebaran hoax. Ini  dapat disampaikan melalui narasi grup whatsapp, story telling, diamplikasi secara gotong-royong keberhasilan dana desa baik dengan strategi above dan below the line," katanya dalam Forum Tematik Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kementerian dan Lembaga di Kuta, Bali, Senin (23/07/2018) malam. 

Berkaitan dengan pembangunan desa, Dirjen Niken menyatakan saat ini perhatian pemerintah terhadap pembangunan desa sangat besar. Hal itu terbukti dari adanya kenaikan alokasi anggaran dari tahun per tahun. "Perhatian Pemerintah terhadap desa demikian besar karena setiap tahun anggaran yang diberikan makin meningkat," katanya.

Oleh karena itu, Dirjen IKP mengharapkan seluruh humas kementerian dan lembaga  melakukan penyebarluasan informasi tentang pertumbuhan masyarakat desa. “Strategi komunikasi kekinian juga harus tetap dilakukan. Dengan dana desa yang terus ditingkatkan diharapkan meningkatkan kemampuan perdesaan,” tuturnya.

Dirjen Niken menegaskan salah satu dampak nyata yang dapat dilihat degan adanya pembangunan berbasis desa adalah adanya penurunan angka kemiskinan. Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), ia menunjukkan saat ini angka kemiskinan sebesar 25,95 juta (9,82%) di tahun 2018 atau turun dari 26,58 juta (10,12%) dibanding September tahun 2017.

Dalam acara yang bertema “Peranan BUMDes dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa” itu, diisi dengan pemaparan dari Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Ahmad Erani Yustika dan Sekjen Kemendesa PDTT Anwar Sanusi serta kunjungan ke BUMDes Sima Sari Dana di Desa Kesiman Petilan. 

Turut hadiri dalam acara itu Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi, Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Samsul Widodo, Dirjen IKP Kemkominfo Rosarita Niken Widyastuti, Asdep Humas dan Protokol Setkab Al Furkon Setiawan, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Kemendesa PDTT Bonivacius Prasetya Ichtiarto, Direktur Pengembangan Usaha Ekonomi Desa Kementerian Desa PDTT Nugroho Setijo Nagoro, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakkir, Kepala Dinas PMD Provinsi Bali Ketut Lihadyana, serta perwakilan Humas Kementerian/Lembaga lain.