DISKOMINFO INHU BERI PEMBEKALAN TRANSPARANSI DESA KE MAHASISWA KKN STIE-I

RENGAT - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indragiri Hulu (Diskominfo Kab. Inhu) memberikan sosialisasi tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Transparansi Desa pada kegiatan Pembekalan KKN-PPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Angkatan Ke-X Tahun Akademik 2016/2017, selasa (21/02/2017) di Kampus STIE-I Rengat. Menjadi Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Kabid Penyelenggaraan e-Government Diskominfo Inhu Rengga Dwi Bramantika,S.STP, M.Si

Pada pembekalan yang disampaikannya, Rengga menegaskan pentingnya penerapan keterbukaan Informasi di Desa dan ia juga berharap kepada Mahasiswa STIE-I Rengat yang nantinya akan melakukan KKN di Desa untuk bersama-sama mendorong pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Desa. "kita sangat berharap mahasiswa yang mengikuti KKN ini menjadi agen keterbukaan informasi dan agen PPID Desa" ujar Rengga.

Lebih jauh Rengga menambahkan bahwa sekarang ini sudah masuk ke era keterbukaan informasi sesuai dengan UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Infromasi Publik. "tidak ada lagi yang bisa ditutup-tutupi semua sudah terbuka dan masyarakat berhak mengetahui dan mengakses informasi publik" ucapnya. 

Apalagi dengan kewenangan yang dimiliki desa untuk mengelola anggaran nya sendiri, Perangkat Desa harus menyediakan akses kepada masyarakat terkait transparansi anggaran di Desa.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan membentuk PPID Desa melalui SK Kepala Desa serta membuat Daftar Informasi Publik Desa, "jadi tugas Mahasiswa KKN-PPM STIE-I Rengat untuk meyakinkan Desa setempat untuk membuka informasi publik salah satunya dengan mengumumkan informasi publik melalui website, media sosial, papan pengumunan, Baliho dan sebagainya" lanjut Rengga.

Mengingat banyaknya jumlah mahasiswa/i yang turut serta pada pembekalan tersebut, maka kegiatan ini dilakukan secara bergiliran pada empat kelas. Tommy Fitrio SE, MM selaku pihak dari STIE-I sekaligus moderator acara juga menegaskan bahwa Informasi yang disampaikan oleh Diskominfo sangat penting bagi pembekalan Mahasiswa KKN-PPM STIE-I Rengat terkait Peran Mahasiswa sebagai agen PPID. “Program ini sangat berguna bagi mahasiswa dan sangat bersinergi dengan kita karena dari pihak kampus kita telah mewajibkan mereka membuat Blog desa mengenai demografi ekonominya dan mereka sudah mendapatkan pelatihan”ujarnya.

Sementara itu R. Marwan Indra Saputra, SE.Msi selaku Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Inhu sangat mengapresisasi kegiatan ini. “Kegiatan ini mampu menjadi sarana untuk memberikan pengetahuan pentingnya pembentukan PPID di Desa sebagai wujud Keterbukaan Informasi Publik dan saya mengucapkan terimakasih kepada STIE-I yang telah bersinergi dengan kami untuk mewujudkannya melalui pembekalan mahasiswa KKN-PPM “ucapnya.

Kedepannya apabila Unsur Perangkat Desa ingin berkonsultasi lebih lanjut tentang PPID Desa, dan membutuhkan informasi terkait pengelolaan informasi PPID bisa segera berkomunikasi pada PPID Utama Kabupaten Indragiri Hulu di jalan Batu Canai tepatnya di Depan stadion Batu Canai Pematang Reba. "Selain memberikan pelayanan Informasi melalui PPIM, PPID Kab. Inhu juga membuka forum diskusi dan konsultasi lebih lanjut tentang PPID" tutupnya.