Diskominfo Inhu Laksanakan Rapat Koordinasi Admin LAPOR

Pematang Reba- Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Inhu melaksanakan rapat koordinasi admin LAPOR yang bertempat di Aula Disporapar Kab Inhu. Rapat dipimpin Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Inhu Jawalter. S, M.Pd, didampingi Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Drs. Mahmudi, M.M, dan staf dari Diskominfo serta admin LAPOR OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang diikuti oleh 55 OPD se Kabupaten Indragiri Hulu, Jumat (14/9).

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) merupakan sarana tempat pengaduan masyarakat yang dapat menampung ide, saran, kritik dan pendapat dari masyarakat melalui media elektronik. Masing-masing OPD yang ada dilingkungan Pemkab Inhu memiliki satu admin yang akan menerima laporan atau aduan tersebut. Mengenai alur mekanisme LAPOR, setiap laporan atau aduan yang masuk melalui LAPOR akan diterima pertama kali oleh admin LAPOR Kabupaten, kemudian didisposisi ke OPD Kab. Inhu yang dituju. 

Rapat dilaksanakan dalam upaya mengantisipasi kurang maksimalnya pengelolaan LAPOR, tata cara pengelolaan dan bagaimana cara menanggapi serta cara mengatasi masalah-masalah yang timbul dari pengelolaan laporan atau aduan. Pembahasan materi ini disampaikan langsung oleh tenaga teknis Diskominfo Muhammad Yasir. 

Peserta admin LAPOR sangat interaktif dalam mengikuti rapat, salah satu perwakilan admin LAPOR menanyakan apa yang harus dilakukan oleh OPD yang menerima salinan laporan atau aduan, sedangkan yang berwenang adalah OPD lain. Menjawab pertanyaan tersebut Muhammad Yasir mengatakan bahwa OPD yang mendapat salinan laporan atau aduan boleh menambahkan tanggapan ataupun dokumen yang dianggap masih kurang lengkap yang diberikan oleh OPD yang berwenang, sedangkan kewenangan menjawab ada di OPD terkait. 

Rapat ditutup oleh Kadis Kominfo, dengan harapan supaya setiap pengaduan yang masuk ke Admin LAPOR agar segera ditindaklanjuti oleh admin LAPOR OPD.