Kominfo dan Setwan Terima Kunjungan DPRD Tanjab Barat

RENGAT-DPRD Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi melaksanakan kunjungan kerja ke dua instansi di kabupaten Indragiri Hulu.  Instansi tersebut masing-masing DPRD Inhu dan Dinas Komunikasi dan Informatika Inhu.  Kedatangan mereka disambut langsung di gedung DPRD Inhu, Kamis (3/4) sore. 

Wakil ketua DPRD Tanjung Jabung Barat,  Ahmad Ja'far mengungkapkan tujuan kunjungan mereka selain melakukan studi banding program legislatif di Inhu,  juga untuk mengetahui prinsip kerja yang telah dibangun Inhu dalam hal Keterbukaan Informasi Publik (KIP). "Kami membaca berita dan juga mendapatkan informasi bahwa Inhu terbaik di Riau dalam pengelolaan KIP dan juga salah satu percontohan nasional,  ungkap Ja'far. 

Diakuinya, untuk wilayah Tanjung Jabung Barat belum lagi melaksanakan KIP,  termasuk dengan peraturan daerah. Padahal KIP sangat penting untuk jalannya pemerintahan yang akuntabel dan transparan."Makanya kami butuh informasi dari Inhu yang memang sudah menjalankan KIP, ucapnya. 

Sekretaris Kominfo Inhu, Roma Doris SS MPS Meng bersama Kabag Risalah DPRD Inhu Rengga Dwi Bramantika menegadkan bahwa KIP dapat berjalan jika ada komitmen langsung dari pimpinan daerah untuk menjalankannya. "Bupati Inhu sangat mendukung dan terus mendorong agar pelaksanaan KIP di Indragiri Hulu dapat berjalan maksimal, tegas Roma. 

Diakatakan pria lulusan Jepang ini,  untuk Inhu sendiri, seluruh perangkat sudah disiapkan untuk menampung keinginan informasi dari masyarakat melalui Pusat Pelayanan Informasi Masyarakat (PPIM) yang disediakan tersendiri begitu juga dengan server dan tenaga IT, termasuk perda terkait KIP dan e Goverment. 

Diungkapkannya, KIP merupakan amanat dari UU No 14 tahun 2008 tentang KIP dan Inhu sudah memulainya sejak tahun 2013 lalu dengan hanya berdasarkan Pergub dan SK Bupati,  namun saat ini semuanya sudah tersedia,  bahkan permintaan informasi sudah bisa diakses melalui web, begitu juga dengan informasi yang diberikan. 

Terakhir, usai dialog rombongan yang berjumlah 10 orang tersebut menyempatkan diri untuk mengunjungi PPIM Inhu yang berada di gedung C jalan Batu Canai Pematangreba untuk mengetahui dan melihat langsung sistem kerja PPIM di Inhu.(