Pemkab Inhu raih Anugerah Kabupaten Inspiratif dan Inovatif

Rengat,  - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dinobatkan sebagai Kabupaten inspiratif dan inovatif pada pemberian anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2018, oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau.

Anugerah sebagai Kabupaten inspiratif dan inovatif ini diterima karena Pemkab Inhu, sudah tiga tahun berturut - turut mendapatkan predikat pertama terbaik dalam pemeringkatan keterbukaan informasi publik kategori Kabupaten dan Kota se Propinsi Riau.

Bahkan, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) hingga saat ini masih mempercayakan kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Inhu, menjadi leader keterbukaan informasi publik bagi Kabupaten lainnya di Provinsi Riau.

"Sejak tahun 2015 hingga 2017, Pemkab Inhu meraih peringkat pertama, sehingga dinilai menjadi inspirasi bagi lembaga lainnya. Ini dibuktikan banyaknya lembaga - lembaga melakukan study banding ke Pemkab Inhu. Bahkan PPID kita dipercaya oleh FITRA menjadi narasumber dalam pembentukan PPID Kabupaten lainnya untuk menjalankan keterbukaan informasi publik di Provinsi Riau," kata Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Inhu, Roma Doris yg didampingi oleh kepala piket PPID Inhu Nurizal murza indra, s.sos.msi, Jumat (21/12).

Selain menginspirasi, PPID Kabupaten Inhu, juga dinilai inovatif lantaran tidak pernah berhenti menciptakan berbagai inovasi dan kteativitas dalam menjalankan keterbukaan informasi publik.

"Kita telah membentuk pusat pelayanan informasi masyarakat. Kemudian PPID menciptakan pelayanan informasi melalui aplikasi online yang bisa diakses oleh masyarakat. Sosialisasi aplikasi online ini dilakukan secara terus menerus kepada masyarakat baik secara langsung maupun pemanfaatan media sosial," ujar Roma.

Anugerah Kabupaten Inspiratif dan Inovatif ini diserahkan oleh ketua Komisi Informasi Provinsi Riau, Zufra Irwan, kepada PPID Kabupaten Inhu, Jumat (21/12) di Hotel Peso