Sukses Jadi Tuan Rumah Apel Tiga Pilar, Inhu Siap Wujudkan Pemilu 2019 yang Aman, Damai dan Sejuk

INHU-Kabupaten Indragiri Hulu sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan Apel Tiga Pilar dalam rangka mensukseskan Pemilu 2019, Rabu (13/2/2019).

Dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau Rengat, pelaksanaan apel diikuti ribuan personil Babinsa, Bhabinkamtibmas dan lurah, kepala desa dari tiga kabupaten diantaranya Inhu, Inhil, Kuansing dan Pelalawan.

Gubernur Riau diwakili Kepala BPBD Edwar Sanger, Kapolda Riau Irjen Pol. Widodo Eko Prihastopo, Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Muhammad Fajar, Kabinda Riau Marsma TNI Bambang Nurwicahyo, hadir secara langsung dalam pelaksanaan apel tiga pilar tersebut.

Sebelumnya, didampingi Bupati Inhu H Yopi Arianto, kehadiran para jenderal dilokasi acara disambut yel-yel oleh para pelajar di sepanjang jalan sekitar RTH.

Pelaksanaan Apel Tiga Pilar dipimpin langsung oleh Kapolda Riau bersama Kepala BPBD Riau dan Danrem 031 Wirabima.

Dikatakan Kapolda Riau dalam amanatnya, bahwa munculnya uforia reformasi demokrasi yang semakin melebar serta mudahnya informasi transformasi melalui media sosial tanpa batas yang berimplikasi terganggunya kondisifitas kamtibmas seperti saat ini, menjadi tantangan yang berat dalam rangka mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk.

“Untuk itu, apel tiga pilar ini menjadi salah satu bentuk kesiapan dan komitmen kita agar pelaksanaan pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk dapat diwujudkan.

Ditambahkan Kapolda Riau, bahwa penyelenggaraan Apel tiga pilar di Kabupaten Inhu ini menjadi bagian dari rangkaian Apel yang nantinya juga akan terus digulirkan di kabupaten-kabupaten lainnya di Riau.

“Dengan begitu, diharapkan gema dari sinergitas kita seluruh komponen bangsa terus bergelora dalam rangka menjaga NKRI sekaligus mewujudkan penyelenggaraan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk khususnya di Provinsi Riau,” ucap Kapolda Riau.

Komitmen yang sama turut disampaikan Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI Muhammad Fajar. Bersama seluruh jajarannya, Danrem menyatakan bertekad bersama instansi dan seluruh elemen masyarakat di Provinsi Riau untuk menjaga dan melancarkan proses jalannya pemilu 2019. “semoga pemilu nanti dapat berjalan aman, damai dan sejuk,”

Sementara itu, dalam kesempatannya Gubri melalui Kepala BPBD Edwar Sanger menyampaikan apresiasi terhadap penyelengaraan apel tiga pilar ini. Atas nama Pemerintah, Edwar mengharapkan inovasi seperti kegiatan ini dapat terus bergulir hingga nanti pada pelaksanaannya puncaknya Maret mendatang.

Dalam kesempatan itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto, bersama Bupati Inhil H M Wardan, Wakil Bupati Kuansing H Halim dan Wakil Bupati Pelalawan H Zardewan, membacakan ikrar komitmen bersama untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk yang diikuti seluruh peserta apel tiga pilar.

Usai pembacaan ikrar, komitmen atas sinergitas dalam rangka mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk ditandai dengan penandatanganan deklarasi oleh seluruh unsur yang hadir dalam pelaksanaan apel tiga pilar tersebut.

Diakhir acara, puluhan hadiah doorprice diantaranya sepeda gunung dan handphone turut dibagikan oleh panitia kepada para peserta yang beruntung.