TERBAIK DI RIAU, PPID INHU DIKUNJUNGI DISKOMINFO KAB.KAMPAR

Rengat- Menjadi PPID terbaik se-Provinsi Riau, PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Kab.Inhu kembali mendapat kunjungan dari kabupaten lain yang ingin melaksanakan studi banding terkait pengelolaan PPID dan Keterbukaan Informasi Publik. Kali ini PPID Inhu mendapat kunjungan dari Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar yang berkunjung ke Pusat Pelayanan Informasi Masyarakat (PPIM) Inhu. 

PPIM sendiri merupakan pengembangan meja depan (front desk) pelayanan informasi, yang diusung oleh PPID Kab.Inhu dibawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indragiri Hulu. 

Rombongan dari Diskominfo dan Persandian Kab.Kampar dipimpin oleh Afdal selaku Sekretaris Diskominfo dan persandian Kab.Kampar diikuti oleh Jhon Haril dan Salmi H serta didampingi oleh Mantan Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, Mahyudin Yusdar, tiba di kantor Diskominfo Inhu pada Kamis (09/03/2017) disambut oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kab. Inhu R. Marwan Indra Saputra, SE, M.Si dan Kepala Bidang Pengelolaan IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) Roma Doris, S.S, MPS, M.Eng, serta seluruh jajaran staf dari Diskominfo Inhu.

Berbincang mengenai pentingnya DIP (Daftar Informasi Publik) rombongan berdiskusi mengenai hal-hal yang mencakup empat kategori informasi yakni informasi serta merta, informasi berkala, informasi tersedia setiap saat dan informasi yang dikecualikan sekaligus membahas mengenai hal-hal terkait dengan keterbukaan informasi Publik dan persoalan sengketa informasi.

Pada kunjungan tersebut Kabid IKP Diskominfo Kab. Inhu Roma Doris menjelaskan mengenai alur pengelolaan informasi dan dokumentasi di PPIM serta Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan informasi PPIM. Selain itu, roma juga menunjukkan bebrapa fasilitas yang ada pada PPIM seperti anjungan informasi yang berfungsi untuk mengakses informasi online serta mini library yang berisikan majalah, tabloid dan leaflet mengenai informasi profil Kabupaten Indragiri Hulu.

Pengelolaan PPIM saat ini berada dibawah naungan Diskominfo Inhu pasca terpisahnya dari Dishubkominfo. PPIM saat ini beralamat di Gedung Radio, Televisi dan Balai Wartawan di Jl. Batu Canai Pematang Reba. "Masyarakat bisa datang pada hari dan jam kerja untuk mengajukan permohonan informasi pada alamat PPIM yang baru tepatnya didepan Stadion Batu Canai Pematang Reba" ujar Roma.

Menyambut baik kunjungan tersebut Kadiskominfo Inhu R. Marwan mengatakan pihaknya juga tertarik untuk berdialog dan berkoordinasi mengenai pengelolaan PPID. “Koordinasi mengenai pengelolaan PPID antar kabupaten diperlukan untuk mengetahui deskripsi pelaksanaan keterbukaan informasi publik serta mekanisme pelayanan pada PPID masing-masing kabupaten.”tuturnya kemudian.

Sementara itu, Sekretaris Diskominfo dan Persandian Kab.Kampar Afdal mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan “Terimakasih kepada Diskominfo Kab. Inhu yang telah menyediakan waktu dan kesempatan kepada kami untuk berdiskusi mengenai PPID, semoga silaturahmi ini tetap terus terjalin dengan baik” Tutup Afdal .